Begini Gaya ‘Yoga off The Mat’ ala Nia Dinata

Yoga tidak harus dilakukan di atas matras. Bagi sutradara ternama Indonesia, Nia Dinata, yoga bisa dilakukan di mana saja bahkan saat ia sibuk melakukan profesinya.

Wanita berusia 48 tahun ini pernah sering mengikuti kelas yoga sejak melahirkan anak bontotnya 2001 silam. Setelah banyak belajar, Nia mengaku mampu menyatukan bentuk meditasi ini ke dalam kesibukan sehari-harinya, tanpa perlu lagi mengikuti kelas yoga.

“Aku sekarang enggak pernah yoga di studio. Jadi ‘off the mat’ aja atau enggak musti yoga di atas matras. Yang dimaksud yoga kan menerapkan ilmu untuk mengharmoniskan tubuh dengan jiwa kita. Ini sekarang aku terapkan dalam keseharian aku,” ungkapnya.

Saat ditemui di sebuah konferensi pers di Jakarta, Kamis, Nia pun mendemonstrasikan beberapa praktik yoga yang sering ia lakukan sehari-hari.

“Setiap pagi saya usahakan ‘salute the sun’ lima menit, baru habis itu mandi dan pergi kerja. Saat menunggu pesawat atau mengedit film saya yoga di atas kursi,” tutur Nia.

“Begitupun ketika sedang syuting dan harus mengawasi monitor, bukannya duduk di kursi tinggi sutradara saya lebih suka jongkok. Jongkok aja itu termasuk gerakan yoga. Dilakukannya dengan membuka paha dan meluruskan punggung,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *