Bisa Jadi Ini Penyebab Lutut Sakit Saat Bermain Basket

Jakarta, Beraktivitas dengan loncatan seperti bermain basket memerlukan kekuatan lutut yang ekstra. Namun terkadang rasa sakit pada lutut bisa muncul dan mengganggu permainan.

“Lutut sakit saat loncat itu namanya jumpers knee. Biasanya terjadi pada orang yang melakukan basket, lompat jauh, pelari, pemain sepeda dan olahraga yang butuh loncatan,” ucap dr Ghuna Arioharjo Utoyo, SpOT kepada baru-baru ini.

dr Ghuna menjelaskan, jumpers knee merupakan inflamasi atau peradangan yang terjadi pada urat di bawaha tulang tempurung atau bantalan. Sebab pada dasarnya akan terjadi tarik-menarik antar urat di area lutut.

Lebih lanjut, jumpers knee disebut dr Ghuna sebagai kekhususan dari kegiatan meloncat. “Olahraga seperti ini ya memang ada kekhususan sakitnya,” sambung dokter yang praktik di RS Hasan Sadikin Bandung ini.

Nah, untuk mengatasinya rasa sakit dari jumpers knee, dr Ghuna menyebutkan beberapa alternatif seperti mengonsumsi obat-obatan sampai fisioterapi.

“Ngatasinnya memang dengan obat, suntikan dan fisioterapi. Dan yang paling penting adalah istirahat untuk regenerasi,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *