Catat, Begini Tanda Tubuh Kelebihan Protein

Jakarta, Protein merupakan salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh. Namun saat dikonsumsi secara berlebihan, protein bisa menyebabkan risiko bagi kesehatan. Lantas, bagaimana tanda tubuh kelebihan protein?

“Sebenarnya kalau kelebihan protein masih nggak kenapa. Asal pada fungsi ginjal yang masih bagus dan nggak dalam jangka waktu yang lama lho,” ucap dr Titi Sekarindah, MS, SpGK kepada baru-baru ini.

Lebih lanjut dr Titi mengatakan seseorang yang mengalami kelebihan protein dalam jangka waktu yang lama akan terlihat kurus secara fisik. Sebab pada dasarnya organ yang akan berisiko saat tubuh kelebihan protein dalam jangka waktu yang lama adalah ginjal.

“Ginjal kan fungsinya mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Nah saat fungsinya menurun itu racun malah ketahan di dalam tubuh,” sambung dokter yang praktik di RS Pusat Pertamina ini.

Sementara dihubungi secara terpisah, dr Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK mengatakan seseorang harus melakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui apakah tubuh mengalami kelebihan protein atau tidak.

“Indikasi kelebihan protein bisa dilihat dari pemeriksaan laboratorium antara lain melalui ureum dalam darah,” imbuh dr Anie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *