Hamil Anggur, Ketika Wanita Tidak Mengandung Janin Sebenarnya

Jakarta, Pengamat politik Boni Hargens menepis isu sakau yang dialamatkan kepadanya. Ia menyebut dirinya mengidap sakit lambung dan hipokalemia.

Dalam konferensi pers kemarin Rabu (12/7/2017) di Kartika Resto, Jalan Senen Raya, Senen, Jakarta Pusat, Boni mengatakan saat itu dirinya baru saja keluar dari meja perawatan untuk menyembuhkan penyakit hipokalemia tersebut.

“Saya keluar 3 Juli 2017 dan diagnosa yang biasa, yaitu hipokalemia, krisis kalium. Jadi penyakit ini gejalanya kram di dalam tubuh dan kalau di saya, karena ada sakit lambung juga, jadi sesak napas yang cukup parah,” jelas Boni.

Menurut dr Marshell Tendean, DPCP, dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Ukrida, definisi dari hipokalemia sendiri merupakan keadaan di mana kadar kalium dalam darah menurun. Bisa hanya kaliumnya saja yang turun, bisa juga dibarengi dengan elektrolit lainnya.

Kepada , pakar saluran cerna dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH menjelaskan kaitan antara hipokalemia dan riwayat sakit lambung. Menurut dr Ari, hipokalemia bisa dialami oleh mereka yang memiliki riwayat sakit lambung, mag misalnya.

“Utamanya dari sakit lambung, kemudian muntah-muntah begitu. Itu kan intake kaliumnya jadi kurang, jadi hipokalemia. Biasanya ditandai dengan rasa lemas, kalau sudah parah tidak bisa angkat kaki juga,” imbuh dr Ari.

Selain muntah, sakit lambung berupa diare juga bisa memicu munculnya kondisi hipokalemia. Baik muntah maupun diare sama-sama berisiko membuat kadar kalium dalam tubuh seseorang menjadi menurun, terutama jika tidak dibarengi dengan asupan kalium yang cukup. “Bisa juga karena minum obat-obatan tertentu, misalnya obat diuretik supaya kencing terus,” imbuhnya.

Boni Hargens menjelaskan bahwa riwayat sakit lambung membuat salah satu gejala hipokalemia yang dialaminya adalah sesak napas. Terkait hal ini, dr Ari menjelaskan bahwa sesak napas juga bisa terjadi sebagai efek dari sakit lambung berupa kembung dan begah. Naiknya gas lambung misalnya, bisa masuk ke diafragma dan kemudian memicu sensasi seperti sesak napas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *