Hindari Makanan Pedas Kalau Punya Sakit Mag, Ini Alasannya

Jakarta, Banyak sekali orang yang suka konsumsi makanan pedas. Bahkan beberapa orang akan meningkat selera makannya ketika konsumsi makanan pedas. Bagaimana dengan orang yang memiliki sakit maag atau mag?

Menanggapi pertanyaan tersebut, dokter spesialis penyakit dalam dari RS Mayapada Tangerang, dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH mengatakan bahwa orang-orang yang sakit mag harus menghindari makanan yang merangsang lambung seperti makanan pedas.

Biasanya sakit mag bisa disebabkan oleh luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung (tukak lambung). “Kalau ada masalah pada lambung, bisa lecet atau luka ditambah pedas ya makin tambah parah,” jelasnya saat dihubungi , Rabu (26/7/207).

Walau makanan pedas bukan menjadi faktor penyebab sakit mag, tapi dapat memperburuk kondisi lambung jika dikonsumsi secara berlebihan dan setiap hari.

“Nggak ada manfaatnya dalam bidang medis, pedas hanya untuk menambah taste makanan,” imbuh dr Hendra.

Hal serupa juga disampaikan oleh Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, bahwa pada orang dengan riwayat gangguan pencernaan seperti sakit mag, konsumsi cabai berlebihan dapat memicu kekambuhan nyeri mag.

“Seseorang yang doyan sambal harus bisa mengukur seberapa banyak sambal yang akan dikonsumsi. Konsumsi cabai dengan jumlah yang sangat banyak bisa saja menyebabkan perlukaan dan merangsang diare,” ujar pakar kesehatan pencernaan dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) ini kepada beberapa waktu yang lalu.

Bagaimana, masih mau makan yang pedas-pedas?

(wdw/ajg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *