Merokok Saat Berkendara Bisa Usir Kantuk, Tapi Catat Risiko Ini

Jakarta, Mengusir kantuk banyak disebut sebagai alasan orang merokok saat berkendara. Lantas apakah merokok memang bisa bikin melek?

Pakar kesehatan tidur dari RS Medistra Jakarta, dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT, mengakui bahwa nikotin yang terkandung dalam rokok memang dapat mengusir kantuk yang kerap menyerang mereka yang berkendara jauh.

“Iya sih, karena nikotin merupakan stimulan ya, jadi memang bisa mengurangi kantuk,” jelasnya kepada saat dihubungi, Selasa (16/5/2017).

Untuk itu, tambahnya, orang yang mengalami insomnia dan ingin sembuh dianjurkan tidak merokok sebelum tidur karena efek nikotin yang terkandung di dalamnya.

Meski demikian, wanita yang akrab disapa dr Rima ini menegaskan bahwa efek terhadap rasa kantuk tidak sebanding dengan risiko merokok itu sendiri yang telah dikenal luas mampu memicu penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke.

“Risikonya terlalu besar menurut saya. Lagipula orang kan udah tahu merokok itu jelas lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya,” tambahnya.

Selain itu, berkendara membutuhkan refleks tubuh yang baik. Untuk itu jika dirasa mengantuk, dr Rima menyarankan yang bersangkutan untuk tidak usah berkendara saja.

“Kalau tahu bakal mengantuk, mending nggak usah berkendara, naik kendaraan umum saja. Kalau diteruskan ini tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga orang lain kan,” paparnya.

Faktanya banyak pihak yang merasa dirugikan dengan kebiasaan merokok sambil mengendarai sepeda motor. Salah satunya Rendhy Maulana. Baru-baru ini ia curhat lewat media sosial tentang mata kanannya yang mengalami iritasi parah akibat bara rokok yang tertiup angin di jalan, sampai harus diperban.

“Terimakasih buat pengendara motor yg hobi ngerokok sambil bawa motor. bara api rokok lo bikin orang bahaya,” tulis Rendhy menyindir dalam sebuah postingan yang sudah dibagikan lebih dari tiga ribu kali ini. Curhatan Rendhy ini pun menjadi viral dan mendapatkan beragam respons dari netizen.

Kamu juga punya pengalaman terkait kebiasaan merokok saat berkendara di jalan? Kirim ke [email protected] atau tuliskan di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *