Pacaran Bikin Jerawatan? Ini Penjelasan Medisnya

Jakarta, Masalah percintaan memang selalu membuat rumit perasaan seseorang. Nah, selain membuat rumit perasaan, ternyata masalah percintaan juga bisa memicu munculnya jerawat.

Menurut dr Laksmi Duarsa SpKK masalah percintaan memang dapat memicu munculnya jerawat. Sebab saat seseorang akan mengalami stres saat mengalami masalah percintaan.

“Jadi di suatu hubungan cinta pasti ada saja masalah. Mungkin perasaan dipendam atau tidak disetujui. Nah, itu yang akan membuat stres dan memicu jerawat,” ucap dr Laksmi ketika dihubungi baru-baru ini.

dr Laksmi mengatakan stres merupakan salah satu faktor penyebab munculnya jerawat. Selain itu, ia juga menjelaskan kaitan antara munculnya jerawat dengan stres dan konsumsi makanan junk food.

“Saat tubuh stres orang akan mengonsumsi makanan junk food lebih banyak banyak. Nah, ini kan salah satu faktor munculnya jerawat juga,” pungkas dr Laksmi.

Sementara itu, dikutip dari ABC Australia, ahli kesehatan kulit, dr George Varigos mengatakan menyebutkan bahwa munculnya jerawat bukan hanya berkaitan dengan genetik. Namun juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan makanan.

Apalagi setelah direktur divisi dermatologi dari Royal Melbourne Hospital itu menemukan ada sejumlah riset yang memperlihatkan peningkatan prevalensi jerawat pada orang-orang yang sering makan makanan olahan. Termasuk penggemar minuman ringan, cemilan berpemanis buatan dan roti tawar.

“Makanan-makanan berglikemi tinggi ini secara tidak langsung menyebabkan munculnya jerawat karena metabolisme berubah sebagai respons dari peningkatan kadar gula darah dan insulin dengan cepat,” ucap dr Varigos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *