Pentingnya Pemanasan Sebelum Berolahraga

Jakarta, Olahraga membutuhkan persiapan yang matang guna mendapatkan manfaat yang maksimal. Nah, hal ini bisa dilakukan dengan melakukan pemanasan sebelum berolahraga.

Menurut dokter spesialis ortopedi dan traumatologi, dr Ghuna Arioharjo Utoyo, SpOT melakukan pemanasan sebelum berolahraga merupakan hal yang wajib dilakukan. Sebab tubuh akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari berolahraga.

Dengan melakukan pemanasan, urat akan memuai sehingga lebih elastis untuk bergerak sehingga seseorang dapat berolahraga dengan maksimal. Selain itu, tubuh juga akan terhindar dari risiko cedera.

“Jangan bangun tidur langsung lari tanpa pemanasan. Karena saat tubuh belum panas, urat masih mengkerut dan meningkatkan risiko cedera,” ucap dr Ghuna saat dihubungi baru-baru ini.

Lebih lanjut, dokte yang praktik di RS Hasan Sadikin Bandung ini menjelaskan bahwa pemanasan wajib dilakukan oleh seseorang dengan usia di atas 40 tahun. Pasalnya, usia juga menentukan keelastisan urat tubuh.

“Kalau untuk anak muda pemanasan 15 sampai 20 menit lah. Tapi untuk di atas 40 tahun tambahkan saja 15 menit lagi,” sambung dr Ghuna.

Lantas, pemanasan seperti apa yang disarankan? dr Ghuna mengatakan bahwa jogging dan stretching bisa menjadi salah satu pemanasan yang bisa dilakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *