Seperti Apakah Menu Ideal Saat Lebaran Menurut Dokter?

Jakarta, Ketika lebaran, sulit rasanya untuk menolak godaan makanan yang dihidangkan. Setelah sebulan penuh menahan nafsu, Idul Fitri biasanya jadi momen ‘balas dendam’ untuk memuaskan perut.

Namun, jangan asal kalap memakan semua hidangan yang ada saat lebaran. Panganan khas Lebaran seperti lontong sayur, opor ayam atau rendang semuanya adalah makanan yang banyak lemak dan bisa mengarahkan kita pada hiperkolesterol. Sebaiknya, ikuti saran dari dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH yang disampaikan lewat beberapa waktu lalu.

Dokter lulusan Universitas Indonesia ini mengungkapkan menu yang baik dikonsumsi menyambut hari raya adalah yang sedikit lemak.

“Usahakan lauknya cuma satu ditambah sayuran dan juga buah,” terangnya.

dr Ari menyebutkan kurma sebagai buah yang ia rekomendasikan, sebab memiliki kandungan vitamin yang lengkap.

Selain itu, dr Ari juga menambahkan Anda harus mampu menahan nafsu untuk mengonsumsi kue manis secara berlebihan. Sebab, makanan yang tinggi gula seperti diketahui dapat memancing diabetes dan hiperkolesterol.

Ketua Advokasi PB PAPDI (Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia) ini menuturkan, kebanyakan orang mengalami diare saat berlebaran dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. Jadi bagaimana, mau kukuh makan bebas saat lebaran atau ikuti menu sehat rekomendasi dokter?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *