Tips Psikolog untuk yang Berlebaran Seorang Diri di Negeri Orang

Jakarta, Lebaran akan terasa menyenangkan jika dirayakan bersama dengan orang-orang terkasih. Namun, jika memang tidak memungkinkan untuk pulang, kemeriahan lebaran juga tetap bisa Anda ikuti dari jarak jauh kok.

“Sekarang kan udah modern ya, ada beberapa hal di era digital yang bisa memunculkan happiness tanpa tatap muka,” ujar psikolog klinis Ratih Zulhaqqi, MPsi, saat dihubungi oleh beberapa waktu lalu via telepon.

Menurutnya, kita harus bisa berdamai dengan pikiran kita dan terus mengingat bahwa keputusan kita bukan untuk menjauhkan diri dari keluarga melainkan memang ada hal yang harus menjadi pertimbangan.

Paling penting, menurut Ratih adalah dengan tidak memaksakan diri, terlebih jika memang situasinya tidak mendukung. Seperti jika memang tempat di mana kita bekerja tidak memberikan jatah cuti, misalnya.

Psikolog yang saat ini berpraktik di RaQQi – Human Development & Learning Centre, menuturkan Anda bisa tetap memanfaatkan gadget yang ada untuk tetap menjalani silahturahmi. Contohnya dengan melakukan video call dengan keluarga.

Di samping itu, agar momen idul fitri lebih terasa, Anda bisa mencoba memasak makanan khas Lebaran sendiri. “Kan sudah banyak tuh toko-toko di luar yang jual bumbu Indonesia,” tambahnya.

Bisa juga dengan datang ke open house yang biasanya di lakukan KBRI di tempat Anda tinggal. Berlebaran dengan orang-orang yang juga mengalami hal serupa dengan Anda tentu akan membuat kalian saling menguatkan, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *